Berikut kalau anda ingin Mio yang buanter tapi relatif masih irit...
Perhatikan langkah ini:
Roller Weight
6 buah roller dengan berat standar 10,6 gram diganti dengan bobot yang lebih ringan, sehingga akselerasi di putaran bawah lebih enteng. Untuk mengejar top speed, ganti yang lebih berat, sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp 15.000.
Rumah Roller
Bisa dengan cara mengamplas dan memoles alur roller dengan amplas dan autosol, itu membuat roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi ringan. Praktisnya pakai merek Kitaco. Satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller (7,5 gr dan 10 gr).
V-Belt
Pakai belt endurance tinggi dan tidak mudah slip atau kendur untuk mengurangi power lost. Belt aftermarket yang beredar berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 250.000. Cara ini meningkatkan tenaga 5% dan hemat BBM hingga 8%-10%.
Per CVT
Ganti dengan yang tekanan pegasnya lebih keras, akselerasi menjadi lebih galak. Bisa juga dengan cara mengganjal per CVT standar, namun cara ini tidak direkomendasikan. Per CVT aftermarket di pasaran berkisar antara Rp 50.000 s/d Rp 100.000, sedangkan model pengganjal harganya Rp 70.000.
Kopling Sentrifugal dan Teromol
Pada mio standar bekerja pada 3.000 rpm. Agar lebih responsif pakai pegas yang kekerasannya lebih rendah. Misal, pakai pegas sentrifugal CLD. Bekerja pada 1.500 rpm. Jadi pada rpm yang lebih rendah motor sudah bisa jalan. Harganya sekitar Rp 60.000. Ada juga merek LHK yang lebih lengkap, terdiri dari pegas dan kampas yang bekerja pada rpm yang lebih rendah, juga teromol yang dindingnya beralur sehingga mengurangi slip pada kopling, namun harganya mahal, yaitu sekitar Rp 660.000 /set.
Menghaluskan saluran masuk (intake manifold) dan saluran buang (exhaust manifold), sehingga aliran bahan bakar lebih lancar masuk ke ruang bakar, dan gas buang lebih cepat terbuang dari ruang bakar. Untuk saluran masuk, cukup dihilangkan bagian-bagian yang dapat menghambat aliran bahan bakar, karena tekstur intake manifold masih diperlukan untuk memecah bahan bakar yang masih berupa gumpalan agar tercampur dengan udara. Ini bisa menaikan tenaga sekitar 5%.
Klep
Klep perlu di skir agar tidak ada kebocoran kompresi, atau ganti klep racing merek TK yang mempunyai desain gagang optimal untuk menyalurkan bahan bakar.
Per klep
Perlu diganti dengan per yang lebih keras, bisa menggunakan merek CLD sekitar Rp 120.000. Sehingga buka-tutup klep lebih optimal. Ini bisa menaikkan tenaga 5% dan hemat BBM 5%.
Karburator
Standart menggunakan sistem vacum, yaitu buka-tutup skep diatur oleh kevakuman pada intake manifold. Masalah yang sering terjadi adalah karet vakum lemah atau skep yang terbuat dari plastik tergores sehingga buka-tutup skep terganggu. Periksa bagian ini apabila terdapat gejala seperti di atas sebaiknya skep dan karet vakum diganti, sekalian juga ganti spuyer dan baut setelan, karena biasanya pada bagian ini komponen sudah tidak presisi lagi. Biar lengkap beli aja repair kit karbu mio, sekitar Rp 20.000.
Komponen Pengapian:
CDI
Agar pengapian lebih optimal ganti dengan CDI racing unlimiter. Banyak merek untuk mio seperti XP, BRT, TDR. Atau yang harganya lebih murah beli merek Varro sekitar Rp 175.000. Komponen ini bikin irit BBM 10%-15%, dan tenaga terdongkrak hingga 15%.
Koil
Ganti dengan merek Blue Thunder yang bisa meningkatkan percikan bunga api pada busi sehingga pembakaran lebih optimal. Komponen ini bikin irit BBM 10%-15%, dan tenaga terdongkrak hingga 10%.
Busi
Bisa menggunakan busi iridium, kelebihannya adalah bunga api lebih besar dan berwarna biru, busi lebih awet. Komponen ini bikin irit BBM 5%, dan tenaga terdongkrak hingga 10%.
Pasang Coil Booster
Bisa dengan merek AVS Motomax yang akan meningkatkan pengapian dan lebih stabil. Harganya sekitar Rp 180.000. Komponen ini bikin irit BBM 8%-10%, dan tenaga terdongkrak hingga 5%.
Untuk menghemat BBM:
Magnet Penghemat BBM
Bisa menggunakan produk Ring Diesel-Bensin type R, husus untuk sepeda motor. Cara kerjanya adalah menyelaraskan ion-ion positif dan negative yang terkandung dalam bahan bakar, sehingga ion-ion tersebut tersusun rapi. Kalori bakar bahan bakar naik karena magnet akan memperbaiki kualitas bahan bakar. Pada produk ini juga menggunakan cairan Newton, alat ini akan bekerja lebih optimal apabila sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 175.000. alat ini bisa meningkatkan tenaga dan menghemat bahan bakar hingga 20%.
Oksigen Katalisator
Alat ini sebenarnya untuk mobil, namun bisa juga dipasang di motor, berupa lempengan yang dipasang pada filter udara. Mereknya Jet Magic. Cara kerjanya adalah meningkatkan kandungan oksigen pada udara yang masuk ke karburator sehingga dapat mencapai air-full ratio yang ideal dan pembakaran menjadi lebih optimal. Bisa hemat BBM sekitar 10%.
Selamat mencoba!