Tuesday, December 27, 2011

Bikin Mio Kencang dan Hemat


Berikut kalau anda ingin Mio yang buanter tapi relatif masih irit...
Perhatikan langkah ini:

Roller Weight

6 buah roller dengan berat standar 10,6 gram diganti dengan bobot yang lebih ringan, sehingga akselerasi di putaran bawah lebih enteng. Untuk mengejar top speed, ganti yang lebih berat, sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp 15.000.

Rumah Roller

Bisa dengan cara mengamplas dan memoles alur roller dengan amplas dan autosol, itu membuat roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi ringan. Praktisnya pakai merek Kitaco. Satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller (7,5 gr dan 10 gr).

V-Belt

Pakai belt endurance tinggi dan tidak mudah slip atau kendur untuk mengurangi power lost. Belt aftermarket yang beredar berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 250.000. Cara ini meningkatkan tenaga 5% dan hemat BBM hingga 8%-10%.

Per CVT

Ganti dengan yang tekanan pegasnya lebih keras, akselerasi menjadi lebih galak. Bisa juga dengan cara mengganjal per CVT standar, namun cara ini tidak direkomendasikan. Per CVT aftermarket di pasaran berkisar antara Rp 50.000 s/d Rp 100.000, sedangkan model pengganjal harganya Rp 70.000.

Kopling Sentrifugal dan Teromol

Pada mio standar bekerja pada 3.000 rpm. Agar lebih responsif pakai pegas yang kekerasannya lebih rendah. Misal, pakai pegas sentrifugal CLD. Bekerja pada 1.500 rpm. Jadi pada rpm yang lebih rendah motor sudah bisa jalan. Harganya sekitar Rp 60.000. Ada juga merek LHK yang lebih lengkap, terdiri dari pegas dan kampas yang bekerja pada rpm yang lebih rendah, juga teromol yang dindingnya beralur sehingga mengurangi slip pada kopling, namun harganya mahal, yaitu sekitar Rp 660.000 /set. 

Porting Polishing

Menghaluskan saluran masuk (intake manifold) dan saluran buang (exhaust manifold), sehingga aliran bahan bakar lebih lancar masuk ke ruang bakar, dan gas buang lebih cepat terbuang dari ruang bakar. Untuk saluran masuk, cukup dihilangkan bagian-bagian yang dapat menghambat aliran bahan bakar, karena tekstur intake manifold masih diperlukan untuk memecah bahan bakar yang masih berupa gumpalan agar tercampur dengan udara. Ini bisa menaikan tenaga sekitar 5%.

Klep

Klep perlu di skir agar tidak ada kebocoran kompresi, atau ganti klep racing merek TK yang mempunyai desain gagang optimal untuk menyalurkan bahan bakar.
 
Per klep

Perlu diganti dengan per yang lebih keras, bisa menggunakan merek CLD sekitar Rp 120.000. Sehingga buka-tutup klep lebih optimal. Ini bisa menaikkan tenaga 5% dan hemat BBM 5%.

Karburator

Standart menggunakan sistem vacum, yaitu buka-tutup skep diatur oleh kevakuman pada intake manifold. Masalah yang sering terjadi adalah karet vakum lemah atau skep yang terbuat dari plastik tergores sehingga buka-tutup skep terganggu. Periksa bagian ini apabila terdapat gejala seperti di atas sebaiknya skep dan karet vakum diganti, sekalian juga ganti spuyer dan baut setelan, karena biasanya pada bagian ini komponen sudah tidak presisi lagi. Biar lengkap beli aja repair kit karbu mio, sekitar Rp 20.000.
Komponen Pengapian:
CDI

Agar pengapian lebih optimal ganti dengan CDI racing unlimiter. Banyak merek untuk mio seperti XP, BRT, TDR. Atau yang harganya lebih murah beli merek Varro sekitar Rp 175.000. Komponen ini bikin irit BBM 10%-15%, dan tenaga terdongkrak hingga 15%.
Koil

Ganti dengan merek Blue Thunder yang bisa meningkatkan percikan bunga api pada busi sehingga pembakaran lebih optimal. Komponen ini bikin irit BBM 10%-15%, dan tenaga terdongkrak hingga 10%.
Busi

Bisa menggunakan busi iridium, kelebihannya adalah bunga api lebih besar dan berwarna biru, busi lebih awet. Komponen ini bikin irit BBM 5%, dan tenaga terdongkrak hingga 10%.
 
Pasang Coil Booster
Bisa dengan merek AVS Motomax yang akan meningkatkan pengapian dan lebih stabil. Harganya sekitar Rp 180.000. Komponen ini bikin irit BBM 8%-10%, dan tenaga terdongkrak hingga 5%.

Untuk menghemat BBM:

Magnet Penghemat BBM

Bisa menggunakan produk Ring Diesel-Bensin type R, husus untuk sepeda motor. Cara kerjanya adalah menyelaraskan ion-ion positif dan negative yang terkandung dalam bahan bakar, sehingga ion-ion tersebut tersusun rapi. Kalori bakar bahan bakar naik karena magnet akan memperbaiki kualitas bahan bakar. Pada produk ini juga menggunakan cairan Newton, alat ini akan bekerja lebih optimal apabila sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 175.000. alat ini bisa meningkatkan tenaga dan menghemat bahan bakar hingga 20%.

Oksigen Katalisator

Alat ini sebenarnya untuk mobil, namun bisa juga dipasang di motor, berupa lempengan yang dipasang pada filter udara. Mereknya Jet Magic. Cara kerjanya adalah meningkatkan kandungan oksigen pada udara yang masuk ke karburator sehingga dapat mencapai air-full ratio yang ideal dan pembakaran menjadi lebih optimal. Bisa hemat BBM sekitar 10%.

Selamat mencoba!

1 comment:

  1. IL MOTOR LUBUK BEGALUNG
    dapat kan barang nya di bengkel spare part kami
    lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm
    PADANG..
    HP: 085264100020
    pin bb: 29d4b762

    Daftar harga Suku Cadang Motor honda dan yamaha Terbaru 2014
    Mega pro RingPiston197.000
    Mega Pro Kabel Gas35.000
    Mega Pro CDI 480.000
    Mega Pro Shock Dpn Kiri 421.000. Shock Dpn Kanan 421.000
    Mega Pro Shock Blkg318.000
    Tiger Kampas Rem Dpn (Disk)-Lokal 30.000
    Tiger Kampas Rem Depan (Disk)-Import 76.000
    Tiger Kampas Rem Blkg tromol 60.000
    Tiger Kampas Kopling Set 125.000
    Tiger Saringan Udara 54.000
    Tiger Rantai Roda Set 765.000
    Tiger jari 2 Depan40.000
    Tiger Piston154.000
    Tiger Ring Piston 197.000
    Tiger Kabel Gas 67.000
    Tiger Kabel Kopling 30.000
    Tiger CDI 410.000
    Tiger Bola Lampu Blkg 20.000
    Tiger Shock Dpn Kiri 530.000
    Tiger shock Dpn Kanan530.000
    Tiger Shock Blkg 494.000
    Vario 110 Kampas Rem Dpn 43.000
    Vario 110 Kampas Rem Blkg
    63.000
    Vario 110 Kampas Kopling Set
    220.000
    Vario 110 Saringan hawa 50.000
    Vario 110 V-belt 130.000
    Vario 110 CDI 470.000

    kunci kontak set mio 160.000
    kunci kontak set mio soul 225.000
    kunci kontak set jmx 217.000
    mangkuk2 stang mio/jupiter z 155.000
    paking deksel mio 13.000
    paking deksel jmx 23.000
    shock blkg mio 155.000
    noken as/as klep vixion 168.000
    block rx king 1.148.000
    gigi stater mio 167.000
    gomok cvt 13.000
    pen platuk klep mio 13.000
    pen platuk klep jmx 20.000
    tali speedo meter mio 17.000
    kamvas kopling jupiter 88.000
    seal klep mio 20.000
    seal klep jmx 7.000
    as engkol mio 145.000
    as engkol xeon 115.000
    karet tutup tangki 4.000
    noken as jmx 245.000
    Harga Kampas Rem Depan75.000
    Harga Kampas Rem Belakang Rp. 45.000
    Harga Kampas Kopling mio Rp. 243.000
    Harga Saringan Udara Rp. 35.000
    Harga V-belt Rp. 83.000
    Harga Roller/buah Rp. 15.000
    Harga Rumah Roller Rp. 67.000
    Harga CDI Rp. 220.000
    Harga Relay Starter Rp. 62.000
    Harga Kabel Spidometer Rp. 25.000
    Harga Piston Rp. 63.000
    Harga Ring Piston Rp. 77.000
    Harga Rocker Arm Rp. 125.000
    Harga Sokbreker Belakang Rp. 161.000

    KHUSUS BAN FDR KAMI DISKON HARGA
    10%

    ReplyDelete