Thursday, September 15, 2011

Bikin Kencang Jupiter MX

Langkah yang wajib dilakukan yaitu:

Pertama, ganti CDI, bisa dari BRT, Varro, atau Ciomas.
  • BRT dualband (400rb) dua kurva pengapian.
  • BRT hyperband (350rb).
  • Varro (250rb).
  • Ciomas (350rb), mungkin susah dicari.
Untuk BRT, pilih yang Tune-Up atau Kompetisi, dapat dicek di bagian belakang boksnya.

Kedua, ganti knalpot, bisa dari AHRS, HRP, 3D1 atau terserah selerakamu...
  • AHRS F4 (350rb) HRP (tergantung tipe)
  • 3D1 (250rb) PDK (200rb)
  • NOB1 (tergantung model)
  • CLD (500rb ke atas)

Ketiga, naik pilot jet dan main jet satu step aja....
Pilot jet dari 20 ke 22,5 ,bisa ambil dari Kitaco (20rb) atau extreem (15rb).

Kalo mau korek mesin mesti berani terima resiko mesin agak kasar dikit, berikut langkah yang bisa meminimalisir kerusakan mesin:

Keempat, ganti kem.
Bisa pilih dari CLD yang berdurasi 280 derajat (275rb), atau yang berdurasi 330 derajat (350rb). Bisa juga dari HRP (250rb). Atau WRD (300rb) Atau mau yang lain juga boleh. Harga bisa berbeda tiap daerah...

Kelima, bore-up.
Bisa ambil paket dari Yamaha V-Ixion (650rb). Atau paket dari TDR 160cc (750rb). Tidak usah ganti klep karna klep standartnya masih cukup memenuhi kebutuhan mesin...

Keenam, ganti per klep.
Bisa dari WRD (200rb). Atau HRP untuk mengurangi gejala floating.

Dan terakhir, reamer karbu dari 22mm menjadi 24mm, dengan ongkos sekitar 50rb, atau kalau gak mau repot, bisa pake karbu RX King (550rb).

Selamat mencoba...

Tuesday, September 13, 2011

Ducati Streetfighter 848

The Streetfigher 848 makes use of the Testastretta 11 engine powering the 848 EVO supersport, which should deliver class-leading power in the current middleweight naked class.
Ducati expands its naked street bike lineup with the 2012 Streetfighter 848. The Italian manufacturer makes official the long-rumored Streetfighter addition with the release of its first press photos.

Ducati confirms its new Streetfighter will source the 848 Testastretta 11 engine found in the 848 supersport. The Ducati 848 EVO powerplant turned the MotoUSA dyno up to 119 rear wheel horsepower and 63 lb-ft torque during our 2011 Supersport Shotout. Those 848 EVO power stats figure to drop slightly, however, as Ducati says of the L-Twin that it has “enriched its user-friendliness with a smooth and flexible power delivery.”

Even reckoning a dip in peak power numbers for street-friendly tuning, the 848 Streetfighter figures to outclass current middleweight naked rivals, like the BMW F800R and Yamaha FZ8 – neither of which crested 100 hp or 60 lb-ft when tested during our 2-3-4 Middleweight Street Bike Comparison.

Spec sheet details are fleeting, though the 848 Streetfighter will employ more street-friendly ergonomics than its supersport kin. The Ducati-standard steel trellis frame is visible, along with components like an adjustable inverted fork and radial-mount Brembo brakes. The chassis rolls on Diablo Rosso Corsa tires.

Ducati’s 848 news release corroborates the bike will utilize Ducati Traction Control, following the electronic lead of all Ducati’s latest street offerings like the Multistrada and Diavel.

The new 848 is promised to be in the hands of the American Ducatisti by January of 2012. It will be available in the traditional Ducati red, but also a yellow colorway and a third matte-black option.

Ducati figures to follow this 848 release with an updated 2012 version of its larger-displacement Streetfigher. The larger bike will utilize the extra 100cc displacement of Ducati’s current Superbike engine, potentially dubbed the Streetfigher 1198.

We will get to know the new Ducs a little bit better later this month at the international launch in Italy. Check back September 30th for our First Ride evaluation.
Kabar-kabar dari twetter-nya, Nicky Hayden sempat membocorkan keberadaan Ducati Streetfighter 848 dalam sebuah foto. Nah, kini akhirnya Ducati merilis penampakan Ducati Streetfighter 848.

Motor ini mengkombinasikan mesin 848 Testastretta 11° dengan geometri rangka baru. Yang pasti mampu meningkatkan kelincahan sekaligus menawarkan kemudahan handling karena adanya revisi pada ergonomi dan sudah dilengkapi dengan Ducati Traction Control.
Secara desain, motor yang pernah menyabet penghargaan "Most Beautiful Bike" di Milan Show 2008 silam ini tampil ngejreng sekaligus gahar dengan perpaduan warna kuning dan hitam.

Selain pilihan warna itu, Ducati juga akan tetap melengkapinya dengan varian berkelir merah khas Ducati dan hitam yang akan mengingatkan kita pada kesan agresif sang streetfighter.

Varian tahun 2012 ini rencananya baru akan mulai dijual secara resmi pada bulan November mendatang. Sayangnya belum ada kepastian harga jualnya, jadi sabar saja!

Bore-Up New Jupiter Z

Punya motor New Jupiter Z? Kapasitas mesin 115cc belum bikin kamu puas??? Oke, kita lakukan bore-up Yamaha Jupiter Z New kamu!

Pertama, bongkar head cylinder dan block cylinder-nya, konfigurasi mesin overstroke dengan langkah 57,9mm, diameter piston 50mm, tampak seakan-akan hanya menciptakan mesin mio dengan sistem gigi transmisi, mengenaskan! Peningkat tenaga yang dibutuhkan yaitu membangun ulang konfigurasi mesinnya! Utama yang harus diganti adalah piston, jika mio harian banyak yang membore-up hingga 150cc, kenapa kita tidak?

Kedua, tanamkan piston diameter 58mm, banyak pilihannya, mulai yang flat macam milik Yamaha Byson , atau mengadopsi milik Honda Sonic / CS1. Penanaman piston ini hanya memerlukan penggantian liner, tanpa harus membongkar crankcase dan memperlebar lubang tengah baut tanam.

Bore-Up New Yamaha Jupiter Z 150cc

Berapa kapasitas sekarang?
Dengan rumus V =  ( 3,1416 x D x D x S ) / 4000, dimana D adalah diameter piston , S adalah panjang stroke. Maka didapat kapasitas baru sebesar 152,97 CC. Wah! Penambahan hampir 40 cc adalah sebuah hal yang dapat dipastikan membuatmu bergetar saat menancap gas! Tapi sabar... Kita mau memodifikasi mesin dengan presisi.
Penambahan 40 CC pada silinder akan berimbas pada rasio kompresi, melonjak jadi 11,6 : 1, Berani? Kalau ada pertamax plus selalu tidak apa-apa. Lagipula kompresi semakin tinggi keawetan usia komponen akan semakin menurun.

Ketiga, noken as bagian pemasok bensin bisa di awali dengan membuka di kisaran 30 derajat, dan menutup di 80 derajat, begitu sebaliknya. LSA lebar lebih pas bagi yang masih ingin mempertahankan karburator kecil. LSA lebih sempit bisa dipakai untuk pemakaian karburator venturi extra besar , misal pe28mm. Penambahan luasan venturi sebanyak 10mm lebih, mengindikasikan penambahan lift sekitar 30 %. Ini didapat dari rumusan 2 tak, setiap karbu direamer 1mm, lidah stoper biasanya dilebarkan 3 % dari standard! Ya, kita memang ingin menciptakan mesin 4 tak, sekencang 2 tak, tapi tetep irit konsumsi BBM pastinya...


Setelah dihitung-hitung , lift klep dikisaran 7.8mm, masuk di area 27% masih aman dipakai harian. Instalasi pir klep swedia sebagai pembalik klep mutlak perlu, menggantikan pir katup standard. Sehingga bila dipasok otak pemicu pengapian macam BRT maupun REXTOR, masih sanggup menggapai RPM tinggi dengan aman jika sewaktu-waktu ingin mengejar honda tiger. Penataan dapur pacu selesai...

Keempat, urusan knalpot perlu dihitung ulang. Tinggal lihat buku catatan modifikasi mesin, dilirik tabel dimana klep ex mulai membuka di kisaran 80 derajat, torsi puncak dipatok di 9.000 RPM, maka panjang pipa utama adalah 21,5 inches. Jika dikonversi, panjangnya sekitar 55 cm. Untuk menghitung lebar diameter dalam knalpot nya tinggal lihat rumus dibahawanya,
ID = sqrt ( cid / ( P + 3 ) x 25 ) x 2.1
P adalah panjang pipa knalpot dalam satuan inchi, maka didapat hasil sebesar 26 mm, besar sekali. Untuk memperkuat torsi bawah, maka primary pipe kita putuskan memakai sebesar 24mm, sedangkan porting buang 23mm, baru pada secondary pipe kita lanjut sebesar 26mm. Kemudian menggembung semakin besar selaras dengan panjang knalpot. Pengaturan silincer sesuaikan untuk karakter trek panjang atau pendek...

Friday, May 20, 2011

Puisi Hati

Hati...

Dunia terlalu pahit kau terima...

Rasa itu seakan tak ada...

Hanyalah wujud ucapan terimakasih...

Tak ada yang tulus, yang dibuatnya untukmu...

Apa kau menerimanya???

Ya!

Semulia itu kah kau, hati???

Namun aku coba pejamkan mata...

Tak ada sedikitpun itu padaku...

Dan sampai kapan kau terus disakiti olehnya???

Kau tak peduli itu...

Kau mengharapkan rasamu itu tersampaikan...

Tanpa dia menjadikan perasaan itu kembali padamu...

Puisi Cinta

Cinta yang Agung...

Adalah ketika kamu menitikkan air mata...

Dan masih peduli terhadapnya...

Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu...

Dan kamu masih menunggunya dengan setia...

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain...

Dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata...

Turut berbahagia untukmu...

Apabila cinta tidak berhasil bebaskan dirimu...

Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya...

Dan terbang ke alam bebas lagi...

Ingatlah, bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya...

Tapi, ketika cinta itu mati, kamu tidak perlu mati bersamanya...

Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang...

Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh...




Kamu adalah indah... 

Kamu cantik...

Namamu indah...

Aku bersedia mati untuk kamu...

Tapi...

Aku lebih bersedia...

Bila aku kamu ijinkan untuk tetap hidup...

Untuk menemani hidupmu... 



Yang terindah...

Kisah hidupku, yang penuh akan keindahan...

Aku tau hidupku penuh dengan hal indah...


Saat aku duduk manis sembari menatap bulan...


Saat aku berbaring menatap bintang...


Saat aku bersandar sambil bernyanyi...


Saat aku mandi sambil bersiul...


Saat aku tidur ditemani mimpi...


Dan banyak hal indah lainnya...


Tapi apa kamu tau???


Ketika aku ditanya mana yang terindah???


Pasti kamu tau, bahwa itu adalah kamu...


Dan akan aku katakan, aku sayang kamu...



Aku sayang kamu...

Seuntai kata terungkap dari jiwa...


Seutas senyum memberi pesona...


Aku alunkan nada tak bersuara...


Hanya lewat hati aku sampaikan...


Aku sayang kamu...



Cinta...

Cinta itu sakit, sakit ketika ada penghianatan...


Cinta itu pedih, pedih bila tak ada kesetiaan...


Cinta itu tak ada, tak ada yang bisa bersembunyi darinya...


Cinta itu dongeng, dongeng nyata tentang kehidupan...


Cinta itu sementara, sementara saat kita tak bersungguh-sungguh...


Cinta itu bualan, bualan bagi orang-orang yang brengsek...


Cinta itu titik, titik awal kehidupan...


Cinta itu...


Dan lain sebagainya...